Posted by : Unknown Jumat, 15 November 2013

PESTA PARAK IWAK
FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA


Pada tanggal 24-31 Agustus 2013, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menggelar Festival Serayu. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Banjarnegara kepada masyarakat luas, baik masyarakat Banjarnegara sendiri, masyarakan Indonesia maupun para wisatawan asing.

Festival Serayu terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Pada tanggal 24 Agustus 2013 dilaksanakan Parade Budaya yang melibatkan siswa-siswi dari sekolah-sekolah tertentu serta beberapa intansi di Banjarnegara. Gebyar Seni pada tanggal 25 Agustus 2013 yang salah satu kegiatannya adalah lomba band antar sekolah. Pesta Parak Iwak pada tanggal 27 Agustus 2013 dan Serayu Expo pada tanggal 28-31 Agustus 2013. Pada seluruh rangkaian kegiatan, sangat terlihat bahwa Festival Serayu dipersiapkan dengan sangat matang.

Salah satu kegiatan yang terbilang sukses yaitu Pesta Parak Iwak. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2013 di Sungai Serayu, Desa Singamerto, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara dan diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan usia yang telah mendaftarkan diri. Acara ini berlangsung dari pukul 10.00 dan dibuka oleh Menteri Kelauatan dan Perikanan, Syarif C Sutadjo.

Meski acara ini dimulai pukul 10.00 baik peserta maupun penonton terlihat sangat antusias. Ini terlihat dari banyaknya pengunjung dari berbagai tempat yang tidak henti-hentinya berdatangan ke lokasi Pesta Parak Iwak dari pagi sampai siang hari.

Meski acara ini berlangsung sukses, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk Pesta Parak Iwak selanjunya. Diantaranya adalah ketertiban, keteraturan dalam pengaturan lalu lintas baik dari arah barat maupun timur, sehingga tidak menimbulkan kemacetan panjang yang mengakibatkan sebagian pengunjung harus berjalan kaki saat pulang, serta penyediaan tempat yang lebih luas bagi penonton

Kesan  : Adanya Festival Serayu sangat menghibur dan sangat bagus bagi pengenalan budaya Banjarnegara kepada masyarakat

Pesan   : Semoga Festival Serayu selanjutnya dapat lebih baik dari Festival Serayu kali ini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Homework Page - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -